Jadwal Tanggal Hari Raya Idul Fitri Lebaran Tahun 2017

Advertisement
Jadwal Tanggal Hari Raya Idul Fitri Lebaran Tahun 2017 - Menyambut hari kemenangannya agama islam yakni merayakan hari raya idul fitri, momen yang selalu di anti-nantikan oleh masyarakat seluruh dunia menginat datangnya hari raya lebaran idul fitri tiba, setelah satu bulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan yang mejadikan sebuah pertanyaan kapankah hari raya idul fitri ini tiba...? Menurut Kalender 2017 hari raya idul fitri ini jatuh tepatnya pada hari rabu tanggal 25-26 juni 2017 dan ini semua merupakan atau menurut kalender islam.

Pada dasarnya Kalender islami hari raya idul fitri ini selalu jatuh pada tanggal bulan hari yang sama namun pada kalender umumnya yakni kalender gregorian yang merupakan kalender matahari, sedangkan untuk kalender islamnya sendiri di sebut dengan kalender lunar, jika kita ketahui dari perbedaan tersebut maka perhitungan tanggal pada kalender gregorian hari raya idul fitri jatuh tempo sekitar 11 hari pada setiap tahunnya.

Meski kita harus perhatikan sebelumnya biasanya satu negara dengan negara lainnya juga berbeda-beda dalam merayakan hari raya idul fitri dan hal ini tergantung pada kemunculan bulan yang sudah nampak atau belum nampak. Mengingat dalam perhitungan kalender islam di tahun sebelumnya yakni tahun 2015 hari raya idul fitri jatuh pada hari jum'at tanggal 17 juli 2015, dan untuk tahun ini yakni tahun 2017 lebaran hari raya idul fitri jatuh pada hari minggu tanggal 25 juni 2017 kemudian pada tahun selanjutnya tahun yang akan datang yakni tahun 2017 akan jatuh pada hari kamis tanggal 25 juni 2018, dan ini semua menurut kalender islami yang sudah di tentukan.

Hari Raya Idul Fitri

Di dalam menentukan hari raya lebaran idul fitri 2017 di perlukannya perhitungan yang menggunakan hisab atau juga perhitungan astronomis yang sangat matrematis yang berfungsi untuk menuntukan posisi dan letak bulan sehingga dapat menentukan awal dari bulan dan tanggal hijriah, selain itu ada juga yang di perhitungkan oleh rukyat atau juga pengamatan visibilitas hilal yang artinya melihat bagai mana penampakan bulan sabit yang muncul pertama kali sesudah terjadinya konjunsi atau juga ijtimak.

Menurut perhitungan Rukyat di dalam menentukan lebaran hari raya lebaran idul fitri 2017 dapat di lakukan secara langsung dengan menggunakan mata telanjang, selain itu juga dapat di lakukan menggunakan alat optik berupa teleskop. Jika kita ingin melakukan aktifitas seperti ini maka melakukannya ketika matahari sudah terbenam karena hilal akan nampak saat magrib, dan apa bila hilal sudah menampakan dirinya di saat magrib maka hari itu juga sudah memasuki bulan baru hiriyah, dan apa bila hilal belum juga nampak maka bulan hijriyah akan di tetapkan pada hari petang beikutnya, biar kita gak terlalu banyak bingung dengan hal ini kita tunggu saja keputusan dari kementrian agama atau juga MUI Majlis ulama indonesia, nah jika tanggal dan hari yang kami informasikan seperti di atas tidak sesuai dengan keputusan pihak agama islam maka kami juga akan secepatnya untuk merubah tanggal tersebut. Sekian dan terima kasih semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi kita semua. Baca Juga kalender 2017 hari libur nasional dan cuti bersama 2017
© 2017 AsliBanget.com