Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Hari Pertama Dan Manfaatnya

Advertisement
Sebelum kita mau melaksanakan puasa rajab, terlebih dahulu kita harus mengetahui hikmah dan keutamaan dari puasa sunnah rajab tersebut. Maka dari itu, setelah kita mengetahui makna dari arti puasa sunah rajab yang selalu di laksanakan 1 tahun sekali, baru kita bisa melaksanakan puasa rajab. Dan bila mana anda belum tahu makna arti dan keistimewaan puasa di bulan rajab, berikut ini kami akan mengulas secara singkat hikmah dari puasa rajab.

Diriwayatkan bila datang bulan rajab Rasulullah SAW selalu berdo'a “Ya, Allah berkahilah kami di bulan rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik). Dan barang siapa yang melaksanakn puasa rajab sehari, sama dengan kita puasa selam satu bulan, jika berpuasa rajab 7 hari, maka di tutplah 7 pintu neraka jahim untuknya.

Bila berpuasa rajab 8 hari maka di bukakanlah 8 pintu surga untuknya. Dan jika berpuasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan dan Allah akan mengabulkan semua permintaannya.Bulan rajab ini memang tergolong dalam salah satu bulan haram, arti dari bulan haram di sini yaitu di sucikan Allah SWT bisa juga di sebut bulan yang dimuliakan. Maka sudah tidah heran lagi dengan datangnya bulan rajab ini, semua kalangan umat muslim pastinya langsung memperbanyak amalan-amalan yang sangat baik.

Niat Puasa Rajab

Bulan rajab tersebut termasuk salah satu dari 4 bulan dalam islam yang haramyang sudah di jamin kesuciannya oleh Allah SWT. Di antara 4 bulan tersebut adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan yang terakhir adalah bulan rajab. Sebagian argumen kenapa bulan yang ke 4 itu teristimewa di bulan rajab di haramkan atau ditanggung kesuciannya oleh Allah SWT, yakni lantaran pada bulan itu diharamkan beragam pembunuhan. Beberapa orang Jahiliyyah juga mempercayai sekian, serta larangan untuk melakukan perbuatan yang haram benar-benar di tegaskan atau di tekankan, sebagai mana tafsir Qs Attaubah Ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ


Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

Bacaan Doa Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala

Cuma itu saja yang bisa kami sampaikan dengan secara ringkas mengenai bacaan doa niat puasa sunnah bulan rajab hari pertama dan manfaatnya juga keistimewaannya dangan berbahasa latin juga bahasa arab lengkap dengan artinya. Semoga apa yang sudah kami berikan yang berkaitan dengan niat puasa rajab tersebut bisa bermanfaat untuk kalian. Amiiin